5 Dec 2007

Udah Gede Qo Nggak Ngrokok? (2-tamat)

Saya jadi tergelitik buat membahasnya. Gini, dari interaksi saya dengan lingkungan saya di kampus dan masyarakat, saya meyakini nilai bahwa ngrokok itu tidak baik dan minum itu dilarang. Sejauh yang saya temui dimanapun saya bersosialisasi, rata-rata mereka sepakat dengan nilai moral ini. Hipotesis sementara saya: nilai moral berlaku pada lingkungan yang cukup atau bahkan sangat luas.

Tapi hipotesis saya terbantahkan pas saya ketemu sama sodara-sodara saya tadi. Di lingkungan keluarga yang harusnya jadi penjaga nilai moral utama atau role model, ngrokok bukan jadi masalah dan minum ga dilarang. Bahkan rokok dijadikan justifikasi bahwa seseorang dianggep gede kalo udah ngrokok, based on celetukan sodara saya,”udah gede qo ga ngrokok..”. Aneh, dunia jadi kebalik-balik. Saya, yang ga ngrokok, berarti belum gede dong?

Hipotesis saya perbaiki: Nilai moral ternyata berlaku sangat lokal. Agaknya benar kata peribahasa: Dimana langit dipijak, disitu langit dijunjung. Nilai moral yang saya anut berbenturan dengan nilai yang berlaku di lingkungan keluarga besar. Tentu saya ga sepakat, tapi di lingkungan ini mau nggak mau saya yang harus menyesuaikan.

Meski begitu kadang-kadang saya setuju ding. Tadi malem saya nonton Konser Seringai di AACC. Di tengah lagu yang judulnya Alcohol, Arian nantang penonton yang berani ngabisin bir sekali teguk. Suasana jadi panas. Ada satu yang maju. Arian nyuruh crowd buat nyemangatin. Tepuk serentak penonton membahana. Saya, sejenak lupa sama nilai moral saya, larut dalam koor. “Uoooo... habisin lae, habisin... bangsat lah kalean semua! Ini baru rock n roll!!!!”

Saya khilaf, haha, tapi menikmatinya.

baca juga udah gede qo nggak ngrokok (1)

1 comment:

Diah Alsa said...

Raka, tapi kamu gk ikutan nerima tantangan dari Arian itu kan Ka'??

hmm.. hipotesis kamu itu benar deh Ka',, eitss.. coba smua (lelaki yg smoker holic utamanya) bisa sependapat dengan mu.. wahh asyik tuh.. gk perlu ada asap dimana-mana, bukankah perokok pasif juga ikut mengambil dampak dari perokok aktif itu kan?? yaa nggak sih?? *upsss,, maaff klo salah, peace lah ^___^